Curug Cibaliung Bogor: Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Curug Cibaliung Jonggol Bogor

Ingin tahu tempat wisata alam yang benar-benar asri dan cocok untuk melepas penat tapi tidak terlalu jauh kalau dari Jakarta? Maka curug Cibaliung dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda kunjungi. Curug yang terletak di daerah Sentul, Bogor ini bisa dicapai beberapa jam dengan kendaraan dari Bekasi atau Jakarta.

Mengenal Curug Cibaliung Lebih Jauh

Di lokasi air terjun Cibaliung, terdapat suguhan pemandangan alam asri, yang menyejukkan dan indah. Masyarakat setempat di sana juga sering menyebut Curug ini sebagai Curug Baliung. Ada banyak hal lain yang bisa dinikmati Anda di sini selain menikmati lanskap yang penuh dengan keindahan, mulai dari petualangan menjelajahi jalur curug itu sendiri, berbagai spot foto menarik, dan serunya main air yang segar dan jernih..

Objek wisata curug Leuwi Cibaliung memiliki spot-spot untuk berfoto menarik baik itu di sepanjang jalur perjalanan maupun saat sudah sampai di lokasi utama. Setelah menikmati indahnya alam sepanjang perjalanan, Anda akan segera bisa menikmati pengalaman main air segar dan jernih dengan nuansa sejuk. Hal ini dapat menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi Alamat Tempat Wisata Alam Curug Cibaliung

Lokasi objek wisata curug Cibaliung yaitu di kawasan Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasi air terjun Cibaliung memang tergolong cukup sulit untuk dijangkau karena tempatnya yang berada di area pedalaman, untuk mencapai tujuan utama air terjun Cibaliung, membutuhkan upaya ekstra agar bisa naik ke sana.

Rute Menuju Objek Wisata Curug Cibaliung

Setelah Anda sudah tahu di mana daerah yang menjadi lokasi alamat curug satu ini, selanjutnya bisa simak rute berikut ini.

  • Kalau Anda ingin melakukan perjalanan ke lokasi wisata air terjun Cibaliung dari Jakarta memakai mobil, maka bisa coba masuk tol Jagorawi lalu keluar tol di gerbang Sentul City.
  • Setelah keluar gerbang tol, Anda perlu masuk ke jalur jalan utama objek wisata Jungle Land.
  • Lalu sebelum gerbang tempat wisata tersebut, bisa belok ke kanan, menuju arah perkampungan.
  • Kalau sudah sampai di pertigaan, Anda bisa belok kiri yaitu ke arah destinasi Leuwi Hejo.
  • Lokasi curug Cibaliung itu sendiri ada di area wisata Leuwi Hejo tersebut.

Saat Anda sudah masuk kawasan ini, akan ada cukup banyak Curug yang bisa didatangi, mulai dari Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, Cibaliung, Leuwi Cipet, dan Curug Barong. Kalau Anda sudah sampai di lokasi, kendaraan harus dititip ke petugas parkir jika memakai kendaraan bermotor pribadi.

Kalau Anda sudah parkir, maka petualangan sesungguhnya baru akan dimulai. Jadi harus bersiap melakukan trekking ke curug Cibaliung, kurang lebih trekking ini butuh waktu 1 sampai 1,5 jam. Anda perlu juga menyusuri sungai kurang lebih 20 menit dan harus diketahui juga kalau medan trekking ke curug Cibaliung jonggol tergolong cukup sulit, akan ada titik naik dan turunnya selama perjalanan.

Curug Cibaliung Bogor
Curug Cibaliung Bogor

Jalur Daki Menuju Curug Cibaliung

Perlu Anda ketahui agar bisa menuju lokasi air terjun Cibaliung, harus melewati terlebih dahulu beberapa Curug yaitu Leuwi Lieuk dan Leuwi Cipet.

  • Pertama-tama ambil jalur kanan kalau dari lokasi Leuwi Lieuk, setelah sudah kurang lebih 50 meter, bisa ambil kiri, nantinya Anda akan sampai ke sungai yang merupakan bagian dari aliran air Curug.
  • Susuri sungai tersebut, nantinya Anda akan sampai ke curug Cibaliung, perlu diperhatikan kembali curug yang satu ini adalah curug dengan lokasi yang paling dalam. Baik itu akses maupun medannya tergolong sulit, sehingga masih belum terlalu banyak pengunjung datang ke sana.

Fasilitas yang Tersedia di Tempat Wisata Curug Cibaliung

Untuk fasilitas, sebenarnya di kawasan wisata alam air terjun Cibaliung tak ada yang istimewa. Sebenarnya bahkan masih dinilai minim bagi banyak orang, tetapi tetap cukup membantu para pengunjung. Ini dia kurang lebih fasilitas-fasilitas yang bisa ditemui:

1.    Petunjuk jalan

Bagi mereka yang baru menjajal curug ekstrim, rasanya penunjuk jalan cukup penting disediakan. Untungnya kawasan air terjun Cibaliung menyediakan petunjuk jalan. Anda bisa menemukan petunjuk jalan tersebut pada beberapa titik selama perjalanan sehingga Anda tidak akan mudah tersesat.

2.    Area parkir memadai

Area untuk parkir kendaraan di tempat wisata air terjun Cibaliung atau pun curug-curug lainnya masih memadai. Artinya kita bisa merasa aman untuk menitip kendaraan ke tukang parkir di sana.

3.    Warung sepanjang jalur menuju curug.

Untungnya di beberapa area terdapat warung yang bisa Anda datangi untuk menyantap makanan atau minuman, tempat ini juga bisa dijadikan area beristirahat sejenak kalau lelah berjalan.

4.    Penitipan barang

Di curug Cibaliung bogor ini juga terdapat tempat untuk pengunjung menitipkan barang, beberapa orang mungkin merasa mendaki kawasan curug sangat melelahkan apa lagi jika barang bawaan yang dibawa terlalu banyak. Kalau sudah seperti itu, maka disarankan untuk menitipkan barang sejenak agar perjalanan lebih nyaman menuju titik air terjun Cibaliung nanti.

Sebelum menempuh jalur trekking yang cukup melelahkan ke curug Cibaliung, disarankan untuk menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin termasuk memastikan bawaan tetap sederhana atau seperlunya saja.

5.    Kamar ganti & kamar mandi

Rasanya fasilitas satu ini bersifat wajib untuk tempat wisata yang terdapat airnya termasuk curug. Sebaiknya Anda tidak lupa untuk menyiapkan pakaian ganti agar bisa segera diganti setelah basah terkena air di curug.

Minimnya fasilitas yang tersedia di sini mungkin karena air terjun Cibaliung merupakan tempat wisata alam yang masih asri, lokasi ini masih belum terlalu dijamah wisatawan dibandingkan curug-curug lainnya.

Pada satu sisi memang Anda mungkin merasa kurang nyaman, tapi curug ini tetap dapat menjadi destinasi alam terbaik apa lagi kalau Anda sedang mencari objek wisata yang kental akan nuansa alam, masih sepi dan suasananya masih sangat sejuk.

Harga Tiket Objek Wisata Curug Cibaliung & Biaya-Biaya Lainnya

Destinasi wisata di Bogor satu ini mampu menghadirkan indahnya pemandangan yang masih sangat asri, sensasi lebih seru untuk bertualang, dan masih banyak hal menarik lain yang bisa didapat saat pergi ke sini.

Untuk harga tiket curug Cibaliung itu sendiri masih bisa dibilang cukup murah, berikut rincian harga tiket dan biaya-biaya lain yang perlu diperhatikan.

  • Biaya tiket masuk per orang : Rp15.000
  • Biaya parkir kendaraan             : Rp 5.000
  • Biaya retribusi : Rp 5.000
  • Biaya mandi dan ganti baju : Rp 2.500
  • Biaya tempat penitipan : Rp 2.500

Meski destinasi wisata seperti curug pada dasarnya minim akan biaya karena termasuk objek alam, tetap ada perbaikan dan fasilitas yang perlu diperbarui. Disarankan untuk membawa dana lebih untuk biaya lain seperti membeli makanan-minuman dan biaya lain sebagainya termasuk seperti yang tertera di atas.

Jam Buka Operasional Tempat Wisata Curug Cibaliung

Setiap harinya, objek wisata curug Cibaliung ini buka sehingga kita bisa leluasa datang ke sini seperti misalnya menghindari hari yang ramai pengunjung seperti hari libur. Meski begitu, perlu diperhatikan jam operasional tempat wisata ini pada umumnya dari pukul 08.00 sampai 17.00 sore WIB.

Sebenarnya lokasi wisata curugnya itu sendiri buka 24 jam, tetapi untuk fasilitas yang lebih memadai dan lebih aman, disarankan untuk datang pada jam operasional tersebut. Kalau memang ingin di curug lebih lama tapi tidak ingin kesorean, bisa coba lebih pagi datang.

Tips Menjelajahi Objek Wisata Curug Cibaliung

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin berkunjung ke objek wisata curug Leuwi Cibaliung agar perjalanan bisa tetap aman dan senantiasa nyaman sampai tujuan.

1.    Parkir di paling ujung

Agar bisa lebih menghemat tenaga untuk perjalanan trekking nanti, sebisa mungkin parkirlah kendaraan Anda di lokasi paling ujung atau yang paling dekat dengan lokasi curug.

2.    Pastikan kondisi kendaraan dan kondisi fisik

Kedua hal ini sangat penting diperhatikan supaya bisa tiba di lokasi dengan selamat, Anda harus memastikan kondisi fisik sendiri dan rekan lainnya dalam kondisi yang prima. Mengingat, jalur perjalanan ke lokasi wisata satu ini bisa menguras energi dan lumayan menantang, harus pastikan fisik kita tidak dalam keadaan sakit.

Apa lagi jalur trek untuk ke titik air terjun Cibaliung itu sendiri tidak mudah, butuh waktu cukup lama untuk sampai di sana. Bukan hanya fisik kita sendiri yang wajib diperhatikan, kendaraan juga harus siap dibawa menanjak baik itu mobil atau pun sepeda motor.

3.    Persiapkan peralatan pribadi secara lengkap

Baik itu kondisi fisik atau pun kendaraan memang penting diperhatikan, tapi jangan lupa mempersiapkan juga peralatan-peralatan yang perlu dibawa. Anda disarankan membawa pakaian ekstra untuk ganti, minuman, makanan, alat mandi, dan perlengkapan lain sebagainya yang dibutuhkan.

Ketika sudah tiba di curug, biasanya akan masuk berendam, berenang atau bermain air, meski bermain air, biasanya tetap akan membuat pakaian kita menjadi basah. Oleh karena itu, disarankan untuk persiapkan pakaian ganti supaya tidak kedinginan setelah bermain air.

4.    Pastikan cuaca mendukung

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata curug Cibaliung sentul, pastikan untuk datang saat waktu kemarau atau ketika cuaca saat itu sedang mendukung. Panorama ketika waktu tersebut dapat terlihat jelas. Kalau Anda datang saat musim hujan, aliran air terjunnya bisa lebih deras, jalurnya pun otomatis lebih licin sehingga cukup berbahaya.

5.    Bawa bekal memadai

Untuk yang ingin sekaligus melakukan piknik, ada baiknya mempersiapkan bekal yang memadai dari rumah sehingga kalau ada tambahan tidak terlalu membutuhkan biaya banyak kalau ingin jajan di warung-warung sekitar.

6.    Pastikan baterai gadget dalam keadaan full

Tips lainnya yaitu bawa ponsel, kamera atau gadget lain dengan kondisi baterai full. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih leluasa mengabadikan momen di sana. Karena kalau low battery, maka akan susah untuk menemukan colokan di sana.

Saat Anda tiba di lokasi Curug, diwajibkan untuk menjaga kelestarian di sana dengan tidak merusak apa yang disediakan di sana, dan tidak juga membuang sampah secara sembarangan. Tinggi curug Cibaliung bisa dibilang tak terlalu tinggi, meski begitu air di sini jernih dengan arus cukup deras.

Titik muaranya air Cibaliung berwarna kehijauan dan lebih jelas terlihat ketika musim panas. Bukan hanya airnya saja yang jernih, keindahan lain dari objek wisata ini yaitu terdapat bebatuan besar cantik di sekitar yang turut bisa memanjakan mata. Sekian dan semoga bermanfaat.

Berpengalaman di Social Media baik Facebook, Instagram, Youtube, dan familiar dengan platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Memiliki pengalaman sebagai Customer Service Online untuk menangani informasi pelanggan dan menjadi problem solver. Memiliki kemampuan yang kuat dalam penulisan konten, copy writing, dan media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Editor