5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal Di Indonesia Yang Harus Anda Kunjungi

Gudeg Pawon Yogyakarta

5 Tempat Wisata Kuliner Terkenal Di Indonesia Yang Harus Anda Kunjungi – Apakah anda termasuk pecinta kuliner nusantara? Pastikan telah mencicipi ragam kuliner dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Pasalnya masing-masing daerah memiliki masakan khas dengan cita rasa yang berbeda. Menariknya masakan local tersebut diolah dengan bahan-bahan dan bumbu tradisional. Bahkan beberapa masih menggunakan cara memasak menggunakan tungku.

Maka tidak mengherankan Indonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang tidak terhitung jumlahnya. Sekali makan saja, para penikmat kuliner akan merasakan sensasi yang tak kalah duanya dari masakan luar negeri. Apalagi orang Indonesia lebih menyukai masakan asli tanpa bumbu pengawet, jadi lebih sehat dan nikmat. Cobalah anda mengunjungi tempat kuliner terkenal di Indonesia, seperti ulasan di bawah ini.

Lokasi Kuliner Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi

1. Sanur Night Market, Bali

Wisata Kuliner Sanur Night Market berada di Jalan Danau Temblingan, Pulau Bali.  Rupanya konsep yang disuguhkan dari wisata kuliner ini adalah pada malam hari. Maka tak heran jika lokasi wisata tersebut banyak diminati semua orang termasuk kalangan wisatawan asing. Sanur Night Market menawarkan wisata kuliner dengan ragam pilihan kulinernya yang lezat. Anda bisa berkuliner sampai pukul 12 malam, karena siang harinya dijadikan pasar tradisional.

2. Gudeg Pawon, Yogyakarta

Gudeg Pawon adalah  salah satu kuliner khas dari daerah Jogya. Karena itulah, anda wajib mencicipi olahan kuliner gudeg tersebut karena kualitas rasanya yang enak. Cobalah anda berkunjung ke Gudeg Pawon yang lokasinya di Jl. Dr. Soepomo, Umbulharjo. Gudeg di sini terbuat dari daging nangka muda dan disajikan dengan ayam. Sementara nama pawon diambil dari istilah jawa yang berarti tungku atau tempat memasak tradisional.

Gudeg Pawon Yogyakarta

3. Timlo Sastro, Solo

Timlo Sastro adalah sajian kuliner khas Solo yang harus anda coba. Jika anda jalan-jalan ke Solo, maka sayang melewatkan Timlo Sastro yang cukup melegenda di kalangan wisatawan.  Sebenarnya Timlo merupakan makanan sejenis sop kaldu ayam yang isinya adalah ati ampela, wortel, sosis solo, daging ayam, dan kentang. Namun untuk menyantapnya harus dibarengi dengan nasi dan kerupuk kulit sehingga rasanya semakin nikmat

Timlo Sastro Solo

4. Lumpia Semarang

Kota Semarang memang terkenal dengan Lumpia sebagai makanan khas di sini. Ada empat lokasi utama yang menjajakn lumpia, yakni Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jalan Pandanaran. Akan tetapi yang paling legendaries adalah lumpia yang berada di Gang Lombok no 11. Hanya di tempat inilah, anda akan menemukan dua jenis lumpia yaitu basah dan goreng. Paduan rebug muda, udang, dan telur terasa pas yang menjadi isian lumpia Semarang.

Lumpia Semarang

5. Sapu Lidi, Bandung

Satu lagi wisata kuliner yang sayang dilewatkan adalah Sapu Lidi di Bandung. Sapu Lidi sendiri  merupakan salah satu restaurant yang memiliki konsep keindahan alam guna memanjakan para pengunjungnya. Menariknya lagi, tempat kuliner ini mengedepankan tempat dekat dengan persawahan pedesaan. Keberadaanya di daerah Lembang sehingga suasana menjadi sejuk dan segar. Bahkan terdapat saung-saung untuk menikmati hidangan yang disantap.

 Sapu Lidi Bandung

About Rekreasi Indonesia 23 Articles
Informasi tempat Rekreasi terbaru dan terupdate di Indonesia. "Perjalanan dapat menjadi semacam monastisisme bergerak: Di jalan, kita sering hidup lebih sederhana, dengan tidak lebih harta dari kami membawa, dan menyerahkan diri untuk kesempatan"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*