Objek Wisata Favorit Di Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Peucang

Objek Wisata Favorit Di Taman Nasional Ujung Kulon – Apakah anda berencana liburan dalam waktu dekat ini? Tidak ada salahnya jika anda bertandang ke Taman Nasional Ujung Kulon yang memang tak jauh dari ibukota. Di Taman Nasional ini rupanya salah satu diantaranya juga telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia dan dilindungi oleh UNESCO.

Taman Nasional terbilang cukup unik, karena kawasan tersebut termasuk daerah pertanian yang sangt subur di era kerajaan Hindu. Namun kini Taman Nasional tersebut telah dikenal memiliki hutan lindung yang sangat luas dan menjadi rumah bagi hewan liar. Inilah ulasan lengkap  mengenai tempat wisata favorit di Taman Nasional Ujung Kulon.

Tempat Wisata Paling Terkenal Di Taman Nasional Ujung Kulon

  1. Gunung Honje

Gunung Honje

Gunung Honje yang memang sangat menantang untuk ditaklukan di Taman nasional Ujung Kulon. Apalagi luas wilayah gunung tersebut mencapai 19.500 hektar dan dikelilingi oleh 19 desa penyangga. Salah satu yang menjadi pintu gerbangnya adalah Desa Tamanjaya. Tentu saja anda bisa berkeliling di kawasan Desa Tamanjaya sebelum mendaki ke Gunung Honje. Di tempat inilah terdapat Desa Nelayan Cibanua, Curug Pipanis, sumber air panas Cibiuk, dan wildlife viewing owa Jawa di Curug Cikacang. Bahkan di desa ini telah tersedia penginapan untuk para wisatawan yang hendak bermalam.

  1. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter

Sungai Cigenter  memang berada di Pulau Handeleum. Untuk menikmati sensasi seperti di Sungai Amazon anda bisa menyusuri aliran sungai  menggunakan sampan, hingga menuju ke ujungnya, bahkan bisa menjumpai air terjun bertingkat yang indah siap menyambut para  penikmat jalan-jalan.  Namun menyambangi Sungai Cigenter dibutuhkan nyali untuk sekedar canoing atau berperahu menyusuri Sungai Cigenter. Pasalnya sepanjang aliran sungai anda akan disuguhi pemandangan yang tidak bias, seperti penampakan hewan-hewan liar di bantaran sungai hingga ular-ular yang bergelantungan di pepohonan pinggir sungai.

  1. Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pulau Peucang adalah tempat wisata alam yang paling terkenal di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Hanya dalam waktu beberapa tahun terakhir nama pulau tersebut tengah berkibar di jajaran pariwisata Indonesia. Keberadaanya  di seberang barat pulau utama Jawa memang mempunyai karakteristik pantai berpasir putih yang lapang serta perairan yang jernih dan tenang. Pulau Peucang telah menyediakan berbagai akomodasi untuk pengunjung yang berminat menginap atau sekedar bermalam. Menariknya para wisatawan yang menjumpai aneka satwa liar di sekitar pantai atau pun lingkungan penginapan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Peucang antara lain trekking ke Karang Copong untuk menyaksikan matahari terbenam.

  1. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan berada di ujung barat dari Semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon, tepatnya di selat Sunda atau berjarak cukup dekat dengan Pulau Sumatera. Pulau yang berukuran sekitar 17 ribu hektar tersebut terbentuk oleh hutan alami dengan kombinasi antara vegetasi hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan. Bahkan para pengunjung bisa menemukan reruntuhan sejarah berupa Arca Ganesha serta benda-benda bersejarah. Kegiatan menarik di pulau ini adalah snorkeling dan diving, namun  belum tersedia fasilitas akomodasi penginapan.

 

About Rekreasi Indonesia 23 Articles
Informasi tempat Rekreasi terbaru dan terupdate di Indonesia. "Perjalanan dapat menjadi semacam monastisisme bergerak: Di jalan, kita sering hidup lebih sederhana, dengan tidak lebih harta dari kami membawa, dan menyerahkan diri untuk kesempatan"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*